Perbedaan Kemampuan Lahan dan Kesesuaian Lahan

Berikut beberapa perbedaan antara kemampuan lahan dan kesesuaian lahan:
A. Kemampuan Lahan  
Kemampuan lahan (land capability) adalah penilaian lahan secara sistematik dan pengelompokannya ke dalam beberapa kategori berdasarkan atas sifat-sifat yang merupkan potensi dan penghambat dalam penggunaannya secara lestari.

Kemampuan lahan didasarkan pada pertimbangan faktor biofisik lahan dalam pengelolaannya sehingga tidak terjadi degradasi lahan selama digunakan. Makin rumit pengelolaan yang diperlukan, makin rendah kemampuan lahan untuk jenis penggunaan yang direncanakan.
Menurut Notohadiprawiro (1991), kemampuan lahan menyiratkan daya dukung lahan, sedangkan kesesuaian lahan menyiratkan kemanfaatan. Sehingga yang mempengaruhi kemampuan lahan, yaitu :



  • Jenis tanah/ geomorfologi
  • Curah Hujan / iklim
  • Kemiringan Lahan
  • Bahaya Areal


Kamus Penataan Ruang (2009), Daya Dukung Lingkungan adalah kemampuan lingkungan hidup untuk mendukung perikehidupan manusia dan makhluk hidup lain yang ada didalamnya

B. Kesesuaian Lahan 
Kesesuaian lahan (land suitability) merupakan tingkat kecocokan sebidang lahan untuk suatu penggunaan tertentu.
Kamus Penataan Ruang (2009), Kesesuaian lahan diartikan sebagai hal sesuai dan tidak sesuainya tanah untuk pemanfaatan tertentu.

C. Kesimpulan: 
Kemampuan Lahan dipandang sebagai kapasitas lahan itu sendiri untuk suatu macam penggunaan umum, sedangkan Kesesuaian Lahan dipandang sebagai kenyataan kemungkinan penyesuaian sebidang lahan bagi satu macam penggunaan tertentu. 

Contoh Kasus: 
Dalam proses penetuan Lokasi TPS disuatu daerah, bisa terjadi kemungkinan:

  • Hasil analisis kemampuan lahan (Berdasarkan standar minimum kebutuhan TPS) SESUAI, berdasarkan analisis Jenis Tanah, dan Kemiringan Lahan memenuhi syarat untuk Lokasi TPS. 
  • Hasil analisis kesesuaian lahan TIDAK SESUAI, karena dekat dengan permukiman penduduk. 

Dalam Penataan Ruang seluruh unsur tersebut harus Terpenuhi, baik Kemampuan Lahan maupun Kesesuaian Lahannya.
Post a Comment