Efektivitas Pemanfaatan Ruang Terbuka Non Hijau (RTNH) Di Perumnas Toddopuli Kota Makasar

Abstraksi: Efektivitas Pemanfaatan Ruang Terbuka Non Hijau (RTNH) Di Perumnas Toddopuli Kota Makasar

Saat ini pemanfaatan Ruang Terbuka Non Hijau (RTNH) masih belum sesuai dengan harapan yakni terwujudnya ruang yang nyaman, produktif dan berkelanjutan. Menurunnya kualitas permukiman di kawasan tersebut bisa dilihat dari kualitas ruang terbuka publik mengalami penurunan yang sangat signifikan atau semakin hilangnya ruang terbuka (Open space) di permukiman. Sebagai wadah interaksi sosial, RTNH ini diharapkan dapat mempertautkan seluruh anggota warga masyarakat di kawasan perumahan tersebut, tanpa membedakan latar belakang sosial, ekonomi, dan budaya. biasanya, dengan kondisi seperti inilah unsur manipulasi terhadap alih pemanfaatan fungsi ruang dapat terjadi.

Studi ini mengkaji Efektifitas Pemanfaatan Ruang Terbuka Non Hijau (RTNH) Olahraga berskala lingkup Rukun Tetangga (RT) di kawasan hunian pada perumahan Perumnas Toddopuli di wilayah kecamatan Panakkukang, kawasan jasa dan perdagangan kedua terbesar setelah kota Makassar (Secondary CBD). Tidak efektifnya ketersediaan wadah RTNH di kawasan perumahan Perumnas Toddopuli ini belum termanfaatkan dengan baik, sehingga menimbulkan permasalahan seperti terjadinya alih fungsi lahan RTNH menjadi ruang terbangun publik dan ruang terbangun private pada kawasan perumahan tersebut.



Metode penelitian yang digunkan dalam penelitian ini, menggunakan metode penelitian kualitatif naturalistik karena penelitiannya dilakukan pada kondisi yang alamiah (natural setting), biasa disebut juga sebagai metode Etnographi. Dalam penelitian ini, membandingkan antara standar dan atau teori dengan fakta wadah ketersediaan RTNH di perumahan tersebut dengan menggunakan alat analisis (Sentripetal theory).

Dari hasil analisis di dapatkan bahwa, ketersediaan wadah RTNH Lapangan Olahraga di perumahan Perumnas Toddopuli kota Makassar dikaitkan dari sisi pemanfaatan, maupun segi aksesibilitas radius pencapaian terhadap RTNH, unsur (Comfortable, Relaxation, Passive and Active engagement, Discovery), maupun ketersediaan sarana dan prasarana penunjang memang masih jauh dari standar dan kelayakan untuk wadah sebuah RTNH Lapangan Olahraga di kawasan hunian Perumnas Toddopuli di kota Makassar.

Pengefektifan kembali fungsi dan hakikat keberadaan RTNH yang sudah ada di kawasan perumahan Toddopuli Perumnas Panakkukang Permai ini untuk menjadi lebih baik dibutuhkan kerjasama dari berbagai pihak. Tidak hanya dari disiplin ilmu arsitektur dan “urban planner”, namun juga dari pengelola, pemerintah dan masyarakatnya.



Kata kunci: efektivitas, RTNH, permukiman.




--- --- --- ---
Untuk mendapatkan Versi Lengkap dari Abstraksi Penelitian ini, plus 766 judul penelitian terkait lainnya, silahkan kunjungi Halaman Cara Pembelian File Kampus, dan Halaman Harga File Kampus.
Alamat Facebook File Kampus:
Post a Comment