Cara Pemerintah Taipei Mempromosikan Transportasi Sepeda (Best Practices)


Sebagai ibu kota Taiwan dengan total penduduk sekitar 2,6 juta jiwa, Taipei menyediakan berbagai jenis kendaraan umum. Di antaranya mass rapid transit (MRT) dan bus.

Tapi menariknya, sejak tahun 2008 Pemerintah melalui Departemen Transportasi Taipei menyelenggarakan sistem sewa (rental) sepeda dan mengajak masyarakat untuk menggunakan sepeda sebagai moda transportasi jarak dekat.



Tujuan utama pemerintah menyediakan transportasi sepeda ini adalah untuk mengurangi polusi udara, menghindari kemacetan di kota, dan mendidik masyarakat untuk hidup sehat dengan menggunakan sepeda sebagai media olah raga.

Pemerintah Taipei bekerja sama dengan GIANT (salah satu  perusahaan sepeda ternama), telah memelopori program yang dikenal dengan “youbike”. Dengan komitmen yang baik pada tahun 2012 pemerintah telah membangun 162 stasiun dengan jumlah 5.359 sepeda. Jumlah yang tidak sedikit. Kebanyakan dari stasiun ini terletak di sekitar stasiun MRT dan kawasan-kawasan umum yang sering dikunjungi.

Taipei City Bike Map
Taipei City Bike Map


Untuk memastikan ketersediaan sepeda di stasiun, kita bisa mengakses langsung aplikasi Fun Travel in Taipei di ponsel smartphone atau website resmi youbike.

Desain sepeda cukup simpel dan sangat menarik. Selain itu, aksesori lainnya seperti keranjang, lampu, bel, dan kunci pengaman juga tersedia. Sebagai mahasiswa, saya sering menggunakan fasilitas sepeda youbike untuk bepergian jarak dekat seperti bepergian antarstasiun kereta api dan mengunjungi toko-toko di area kota.
Teipei Youbike Station
Teipei Youbike Station

Teipei Youbike Station
Teipei Youbike Station

Teipei Youbike Station
Teipei Youbike Station

Gratis biaya untuk 30 menit pertama menjadi salah satu alasan mengapa saya dan teman-teman lainnya memilih untuk menggunakan youbike. Namun, potongan biaya sebesar 10 NTD (Rp 3.300)/30 menit dibebankan kepada yang menggunakan sepeda rental dengan waktu lebih dari 30 menit.

Proses registrasi untuk menjadi anggota dapat dilakukan di mesin stasiun youbike ataupun laman resmi youbike dengan mendaftarkan kartu easycard. Easycard merupakan salah satu kartu yang digunakan untuk berbagai keperluan, seperti naik transportasi umum, berbelanja, parkir, dan beberapa fasilitas umum lainnya. Proses rental juga dapat menggunakan kartu kredit dan kartu ponsel.

Menurut amatan saya, Taipei sudah mampu mengajak masyarakat untuk membudayakan bersepeda di area perkotaan. Jalur khusus untuk pengendara sepeda juga disediakan oleh pemerintah guna mendukung program pengurangan kemacetan dan polusi udara.

Berdasarkan data statistik, jumlah stasiun dan sepeda terus bertambah. Melalui teknologi infomasi yang terintegrasi, Taipei telah berhasil menghadirkan sistem penyewaan sepeda youbike yang sangat efisien dan ramah lingkungan. Melalui sistem ini, masyarakat terdidik agar berlaku jujur dengan mengembalikan lagi sepeda yang telah dipinjam ke tempat semula.

Budaya bersepeda telah banyak diadopsi oleh negara-negara berkembang lainnya. Hal ini bertujuan untuk mengampanyekan go green yang mengurangi polusi udara. Manfaat menggunakan sepeda juga bisa menjadi alternatif olah raga di tengah kesibukan dan rutinitas sehari-hari. 

YouBike Tourism Taipei Infographic
YouBike Tourism Taipei Infographic

Pelajaran yang saya petik dari adanya program youbike adalah dapat meningkatkan minat bersepeda dan mengajak masyarakat Taipei dan turis untuk menikmati nyamannya mengendarai sepeda di tengah padatnya kehidupan kota besar.

Peluang yang sama juga bisa dimanfaatkan di Aceh, karena saya yakin masyarakat kita sangat suka bersepeda. Terlebih masyarakat Aceh dewasa ini telah begitu tertarik untuk bersepeda. Pemerintah kota punya andil besar untuk menghidupkan budaya bersepeda dengan memfasilitasi sistem peminjaman sepeda seperti yang dilakukan di Kota Taipei. Pada akhirnya kepadatan kota dapat dikurangi dan polusi udara semakin menurun. Semoga!




Sumber:
Judul Asli: Pemerintah Taipei Galakkan Bersepeda
MUHAMMAD RIEZA, mahasiswa S2 dan Riset Asisten di National Taiwan University of Science and Technology, melaporkan dari Taiwan
http://aceh.tribunnews.com/2013/05/19/pemerintah-taipei-galakkan-bersepeda

Post a Comment