Fungsi Terminal

Seperti halnya  pengertian terminal belum banyak literatur yang menyatakan fungsi dari terminal sehingga pengetahuan tentang fungsi terminal  masih terbatas. Morlok (1991, p. 271) menyatakan ada beberapa fungsi dari terminal secara umum antara lain:

1. Memuat penumpang atau barang keatas kendaraan serta membongkar/ menurunkannya termasuk memindahkan dari satu kendaraan ke kendaraan lain atau dari moda angkutan satu ke moda angkutan lain.
2. Menampung penumpang dan barang dari waktu tiba sampai waktu berangkat.
- Kemungkinan untuk memproses barang, seperti mengelompokan, membungkus dan pemberian label dan selanjutnya untuk diangkut.
- Menyediakan keamanan dan kenyamanan penumpang (misalnya; pelayanan makan, dan sebagainya)



3. Menyiapkan dokumentasi perjalanan, meliputi:
- Menimbang muatan, menyiapkan rekening, memilih rute.
- Menjual tiket penumpang, memeriksa pesanan tempat.

4. Menyimpan kendaraan dan komponen lainnya, memelihara, dan menentukan tugas selanjutnya.
5. Mengumpulkan penumpang dan barang didalam group-group berukuran ekonomis untuk diangkut (misalnya untuk memenuhi kereta api atau pesawat udara) dan menurunkan mereka setelah tiba ditempat tujuan.

Untuk melihat lebih rinci proses yang berlangsung disuatu terminal penumpang umum dapat dilihat Gambar berikut.
Bagan Alir Proses Terminal Umum (Morlok, 1991)
Bagan Alir Proses Terminal Umum (Morlok, 1991)


Sedangkan menurut  Wright & Ashford (dalam Damai, 2001) fungsi terminal adalah:
1. Sebagai titik konsentrasi penumpang (traffic consentration) dari segala arah yang menuju keterminal untuk kemudian melanjutkan perjalanan ke tempat yang dituju.
2. Sebagai titik dispersi (classification and sorting) di manapenumpang menyebar sesuai dengan tujuannya baik ke seluruh penjuru kota atau keluar kota.
3. Titik pusat layanan (service avaibility), bongkar muat (loading and unloading), penyimpanan jangka pendek (storage) dan tempat proses (processing) untuk pembelian tiket, menunggu, menyimpan bawaan penumpang dan prosedur lain.


Departemen Pekerjaan Umum Direktorat Perhubungan Darat juga menjelaskan  fungsi terminal angkutan jalan dapat ditinjau dari 3 unsur yang terkait dengan terminal yaitu; penumpang, operator bus dan pemerintah antara lain:
1. Fungsi terminal bagi penumpang, adalah  untuk kenyamanan menunggu, kenyamanan perpindahan dari satu moda atau kendaraan yang satu ke moda yang lain, tempat tersedianya fasilitas-fasilitas dan informasi (pelataran, teluk, ruang tunggu, papan informasi, toilet, toko, loket, restoran, dll) serta fasilitas parkir bagi kendaraan pribadi (penjemput maupun pengantar).
2. Fungsi terminal bagi operator bus, adalah untuk pengaturan pelayanan operasi bus, penyediaan fasilitas istirahat dan informasi awak bus dan fasilitas pangkalan.
3. Fungsi terminal bagi pemerintah, antara lain adalah dari segi perencanaan dan manajemen lalulintas untuk manata lalulintas dan menghindari kemacetan, sebagai sumber pemungutan retribusi dan sebagai pengendali arus kendaraan umum.

Jika dari sudut pandang ilmu ekonomi, terminal angkutan penumpang dapat dianalogikan dengan pasar, yaitu tempat pertemuan antara konsumen dengan produsen atau permintaan dan penawaran (Azehari, 1991, p. 28). Dengan demikian terminal dapat disamakan dengan fungsi pasar tempat terjadinya transaksi di bidang jasa yaitu jasa transportasi.
1. Sebagai titik pertemuan dari segala arah, yaitu  tempat bertemunya antara berbagai konsumen (penumpang dengan berbagai tujuan) dengan berbagai produsen (operator angkutan penumpang dengan berbagai layanan).
2. Sebagai tempat berpisahnya antara berbagai konsumen (penumpang dengan berbagai tujuan) dengan berbagai produsen (operator angkutan penumpang dengan berbagai layanan).
3. Tempat terjadinya trasaksi, antara konsumen dengan produsen.
4. Tempat pelayanan, yaitu tempat segala fasilitas pendukung yang berfungsi penunjang.



Daftar Pustaka:
Morlok, K. Edward, 1991, Pengartar Teknik dan Perencanaan Transportasi, Cetakan ketiga, Erlangga, Jakarta.
Damai, Nur, Zulaeha, 2001, Pengaruh Keberadaan Terminal Regional Terhadap Perubahan Guna Lahan dan Pola Pergerakan Angkutan Umum dan Penumpang Kota Administratif  Watampone, Magister Perencanaan Kota dan Daerah, UGM,  Yogyakarta.


Sumber:
Tesis Azizi  Fauzi, Evaluasi  Lokasi  Baru Terminal Regional Kota Padang (Magister Perencanaan Kota dan Daerah (MPKD-UGM Tahun 2003)

Post a Comment