Penerapan KLHS untuk Kebijakan, Rencana dan Program Penataan Ruang

Pertimbangan-pertimbangan dalam Penerapan Kajian Lingkungan Hidup Strategis untuk Kebijakan, Rencana dan Program Penataan Ruang

Sejalan dengan mulai diterapkannya Kajian Lingkungan Hidup Strategis pada beberapa produk kebijakan, rencana, dan program yang berkaitan dengan penataan ruang, ditemukan berbagai pengalaman yang selayaknya perlu disistematiskan sebagai informasi umpan balik bagi pengembangan selanjutnya. Buku ini dimaksudkan untuk menjawab kepentingan tersebut, sebagai catatan perkembangan terbaru atas dinamika yang terjadi sampai dengan tahun 2008.
Kehadiran buku ini adalah untuk melengkapi, sekaligus memperkaya buku “Kajian Lingkungan Hidup Strategis dalam Penataan Ruang” yang diterbitkan oleh KLH pada tahun 2007. Perbedaan-perbedaan mendasar yang termuat di dalamnya adalah hasil dari pengamatan hadirnya generasi baru penerapan KLHS pada beberapa produk Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW) maupun rancangan peraturan-peraturan di tingkat pusat maupun daerah yang ada hubungannya dengan penataan ruang.
Buku ini disusun oleh unit Asisten Deputi Urusan Perencanaan Lingkungan dengan harapan dapat memberikan informasi yang lebih baik mengenai pertimbangan-pertimbangan apa yang harus diketahui dalam menerapkan KLHS di bidang penataan ruang. Intisari isinya adalah merupakan ikhtisar dari Rancang-an Peraturan Menteri Negara Lingkungan Hidup mengenai Panduan Umum Kajian Lingkungan Hidup Strategis yang mengalami modifikasi untuk disesuaikan dengan isu-isu dalam penataan ruang. Tidak tertutup kemungkinan bahwa pada tahun-tahun berikutnya akan kembali diterbitkan buku sejenis yang merupakan catatan terbaru atas tambahan pengalaman penerapan KLHS di bidang penataan ruang.

Post a Comment