Penanggulangan Kemiskinan dan Kekumuhan Perkotaan

Banyak hal yang dapat dilakukan untuk menanggulangi masalah kemiskinan dan daerah-daerah kumuh di perkotaan. Antara lain:
1. Membuka Balai Latihan Kerja
Salah satu faktor kemiskinan adalah tidak mendapatkan pekerjaan sebagai sumber mata pencaharian. Hal ini dapat dikarenakan terbatasnya lapangan pekerjaan yang tersedia, pendidikan yang rendah atau tidak mempunyai keterampilan kerja yang diharapkan oleh perusahaan. Sehingga mereka yang tidak memenuhi kriteria para pencari kerja akan tersingkir oleh orang-orang yang memiliki keterampilan kerja. Akhirnya mereka kehilangan kesempatan untuk mendapatkan pekerjaan. Hal tersebut dapat diatasi dengan membuka balai latihan kerja yang memberikan pelatihanpelatihan/ keterampilan sesuai dengan kriteria para pencari kerja sehingga mereka menjadi tenaga-tenaga siap kerja yang dibutuhkan para pencari kerja.


2. Aktivitas Hijau Di Lingkungan Kumuh
Daerah yang semestinya menjadi daerah hijau atau daerah resapan banyak yang sudah berubah fungsi menjadi daerah kumuh. Jika digusur bukannya menghilang malah semakin bertambah dan bertambah seperti jamur di musim hujan. Yang perlu dilakukan adalah masyarakat kumuh diberikan penyuluhan dan pembinaan yaitu dengan aktifitas hijau seperti melakukan daur ulang sampah menjadi pupuk atau memilah sampah untuk didaur ulang sehingga dapat memberikan penghasilan untuk dapat menunjang hidup.

3. Membangun Perumahan Murah
Membangun perumahan di bantaran kali, kolong jembatan, ataupun di pinggiran rel kereta api memang tidak dibenarkan. Biaya perumahan yang sangat tinggi itulah yang menjadi alasan mereka untuk membangun tempat tinggal seadanya di daerah –daerah yang tidak semestinya. Untuk itulah peran pemerintah diperlukan untuk membantu menyediakan perumahan/tempat tinggal murah bagi penduduk yang ekonomi-nya masih di bawah standar. (http://webcache:masyarakat11. wordpress. com/2011/01/27kemiskinan dan perkumuhan kumuh diakses tanggal 3/02/2011)

Langkah-langkah strategis yang perlu dilakukan untuk penataan lingkungan permukiman kumuh adalah :
  1. Lebih mengefektifkan penertiban administrasi kependudukan bekerja sama dengan perangkat desa yang mewilayahi permukiman kumuh.
  2. Penataan kembali lingkungan dengan penyediaan kamar mandi dan jamban umum, program sanimas dan pengelolaan sampah swadaya di permukiman kumuh.
  3. Peningkatan perilaku hidup sehat masyarakat
  4. Sosialisasi kebijakan pemerintah kota terkait dengan program penataan kembali permukiman kumuh perlu lebih digalakkan dengan melibatkan kelompok masyarakat di permukiman kumuh.
Dalam mewujudkan lingkungan sehat berakar pada upaya perbaikan kualitas lingkungan sosial budaya masyarakat bertumpu pada dua aspek utama yakni :
  • Partisipasi masyarakat untuk mengendalikan nilai-nilai luhur dalam proses kehidupan sosialnya. Dalam bentuk operasional perbaikan lingkungan sosial budaya dengan mengikutsertakan partisipasi masyarakat dalam upaya peningkatan kesadaran masyarakat untuk berprilaku sehat dalam aspek mikro seperti kebersihan rumah tangga, dan lain-lain.
  • Kebijakan pemerintah : melakukan intervensi langsung dalam proses dinamika sosial. (Fuad 1996 : 136).


Sumber: Risna Dewi, (2011). Pengembangan Konsep Pemukiman Berkelanjutan (Studi Kasus Di Pemukiman Kumuh Kecamatan Banda Sakti Kota Lhokseumawe. Skripsi S2, Program Studi Magister Studi Pembangunan Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik Universitas Sumatera Utara Medan
Post a Comment