Sistem Transportasi Publik di Kuala Lumpur

Dalam perencanaan perkotaan (urban planning), ketersediaan transportasi publik yang bagus merupakan bagian dari pembangunan perkotaan. Konsep ini sudah dijalankan oleh banyak kota, termasuk kota yang sedang berkembang.

Kuala Lumpur sebagai ibu kota Malaysia menjadi salah satu kota metropolitan yang diikuti dengan peningkatan signifikan dalam migrasi masuk penduduk baik domestik maupun internasional. Masalah kemacetan juga dialami oleh kota ini walau tak semacet Jakarta, ibu kota Indonesia.



Untuk mengatasi kemacetan dan meningkatkan pelayanan publik, Kuala Lumpur yang berada di Negara Bagian Selangor telah mengadakan transportasi publik perkotaan berupa kereta api dan bus secara terpadu. Transportasi publik di Kuala Lumpur tersebut menunjukkan sebuah kemajuan yang luar biasa. Dengan menggunakan interkoneksi antara bus dan kereta api. Sebagai wisatawan, kita bisa menjelajah Kuala Lumpur dengan mudah, murah, sangat bagus, dan nyaman karena menggunakan armada produk terbaru. 

Bahkan, bus dan kereta api metropolitan Kuala Lumpur bernama Rapid KL, KTM (Kereta Tanah Melayu), dan LRT telah memiliki teknologi dan kenyamanan setara dengan U-bahn di Jerman, kereta subway di Singapura, dan subway di Jepang. Kereta api perkotaan tersebut juga dilengkapi penunjuk/peta stasiun perhentian secara digital, serta flat screen untuk informasi dan hiburan di setiap gerbongnya.
Rapid KL
Rapid KL

Rapid KL
Rute Rapid KL

Lebih khusus lagi, dalam rangkaian gerbong kereta terdapat beberapa gerbong (coach) khusus wanita untuk memberikan kenyamanan dan keamanan bagi wanita maupun anak-anak.

Soal harga tiket, kereta KTM dan bus bisa ditumpangi hanya dengan membayar 1 sampai 2 Ringgit Malaysia (RM) untuk jarak dekat dan menengah. Dengan tarif semurah itu, kita bisa mengakses pusat perbelanjaan Mega Mall Mid Valey, KL Sentral, atau bahkan Suria Mall KLCC. Interkoneksi dengan pusat wisata lainnya juga sangat bagus.
KTM (Kereta Tanah Melayu)
Rute KTM (Kereta Tanah Melayu)

KTM (Kereta Tanah Melayu)
KTM (Kereta Tanah Melayu)

Pelayanan transportasi publik yang bagus khususnya di Kuala Lumpur merupakan sebuah upaya pembangunan Malaysia yang visioner. Di banyak tempat umum di Kuala Lumpur juga terpampang semboyan Datok Tun Sri Najib Tun Razak yang berbunyi “Janji Ditepati”. Semboyan ini sangat tepat sebagai perwujudan komitmen pemimpin terhadap rakyatnya.

Melihat kemajuan yang begitu cepat dalam pembangunan Kuala Lumpur khususnya dalam hal transportasi publik, nyata sekali bahwa Kuala Lumpur sudah siap menjadi daerah tujuan wisata utama di Asia, khususnya Asia Tenggara. Kunjungan wisatawan ke Kuala Lumpur pun terus meningkat, terutama  dari Arab, Afrika, Eropa, dan Asia Tenggara.

Bagaimana dengan Jakarta dan Kota Kota Lainnya di Indonesia...?, berikut foto kondisi Mass Transport di Kota Jakarta.
Mass Transport Jakarta
Kondisi Mass Transport Jakarta, Kurangnya Jumlah Aramada?

Mass Transport Jakarta
Kondisi Mass Transport Jakarta, Busway ikutan Macet

Post a Comment