Sikap Penerimaan Masyarakat

Menurut La Pierre, dalam Azwar (1995)  ada 3 tahapan respon yang muncul dalam mengetahui sikap masyarakat yaitu :

  1. Respon kognitif (respon perseptual dan pernyataan mengenai apa yang diyakini) merupakan representasi apa yang dipercayai oleh individu si pemilik sikap.
  2. Respon  afektif (respon syaraf simpatetik dan munculnya pernyataan afeksi) yang merupakan aspek kecendrungan berprilaku tertentu sesuai dengan sikap yang dimiliki oleh seseorang.
  3. Respon prilaku/ konatif (respon berupa tindakan dan pernyataan mengenai prilaku) sebagai perasaan yang menyangkut aspek emosional.




Di dalam melihat sikap individu terhadap stimuli sosial harus memperhatikan ke- 3 komponen sikap diatas secara terkait. Serta adanya interaksi sosial karena adanya hubungan antara individu dengan lingkungan fisik maupun lingkungan psikologis di sekelilingnya (Azwar, 1995). Menurut Bryan dan White (1989), pendekatan terhadap perilaku disebut juga sosial-psikologis yang memeriksa berbagai faktor yang mempengaruhi sikap. Karena sikap-sikap tersebut berinteraksi dengan nilai-nilai, emosi-emosi, peran, struktur sosial dan lingkungan yang pernah dirasakannya. Sebagai hasilnya sikap-sikap tidaklah sepermanen dan sepasti seperti yang terkadang dianggap orang. Sikap dapat dan memang berubah oleh bukti serta keyakinan baru, lingkungan-lingkungan baru, peristiwa/ informasi terbaru yang dapat mempengaruhi dan diubah oleh prilaku tergantung  dari motivasi yang ada pada diri seseorang.


Daftar Pustaka:
Azwar, S, 1995, Sikap Manusia Teori dan Pengukurannya, Pustaka Pelajar, Yogyakarta.
Bryan, Coralie dan White, Louise G., Manajemen Pembangunan Untuk Negara Berkembang, 1989, LP3S Jakarta.
Post a Comment